Indonesia Menjadi Negara Maju

Negara maju.

Apa yang terlintas dalam pikiran kamu saat mendengar "negara maju?" Apakah tentang sebuah negara modern dengan keseluruhan sistem supported by advance technologies? ataukah tentang sebuah negara yang kaya dan memiliki keunikan serta sumber daya alam yang luas dengan ekonomi yang tinggi?

Well yes. Negara maju adalah negara yang memiliki tingkat perekonomian yang tinggi dan juga infrastruktur dengan teknologi yang modern. Dalam hampir setiap kehidupan masyarakatnya.

Indonesia adalah salah satu negara berkembangan di Asia Tenggara yang pada tahun 2017 mengalami kenaikan tingkat ekonomi 5,07 % pada tahun 2017 berkeinginan untuk menjadi negara maju.

The question is bagaimana caranya agar Indonesia menjadi negara maju?

1. Infrastruktur
Dikarenakan sebagai kebutuhan dasar dalam pembangunan sebuah negara baik secara fisik maupun sosial maka infrastuktur sangatlah  menjadi tolak ukur apakah negara tersebut telah maju ataupun tidak.

Apakah seluruh wilayah negara di Indonesia telah menikmati infrastruktur yang baik? Perlunya sarana dan prasarana bagi kehidupan masyarakat yang mudah di akses dan murah.

2. Pembangunan Manusia
Sangatlah penting bagi sebuah negara memiliki sumber daya manusia yang tinggi. Hal ini tentu saja dihasilkan dengan tingkat pendidikan dan pengalaman  yang mereka miliki.
Pendidikan haruslah bersifat terbuka dan bermutu. Setiap anak mendapatkan pendidikan yang layak seperti yang diinginkan landasan konstitusional Indonesia, UUD 1945. Tidak ada lagi rumitnya proses ataupun mahalnya biaya pendidikan di Indonesia tentu akan membuka pintu bagi semua anak untuk mendapatkan pendidikan.

Apabila pendidikan dasar saja yang mereka miliki maka tentu saja hasil dari sumber daya manusia Indonesia akan ketinggalan jauh dari negara - negara lain.
Pemberian pendidikan dan pelatihan sangat dibutuhkan.

3. Indonesia Maju
Infratruktur modern namun ramah lingkungan dan sumber daya manusia yang tinggi maka sudah barang tentu akan tercipta Indonesia yang jauh lebih maju. Karena semua akan hand in hand, berkolaborasi bagaikan sebuah kendaraan yang melaju pesat. Tidak ada tumpang tindih dan hal - hal yang mengecewakan.

Infrastruktur yang dibutuhkan dibangun oleh sumber daya manusia Indonesia itu sendiri.

#flashbloggingriau

*Tulisan ini sebagai bagian dari Kegiatan Flash Blogging dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang bekerja sama dengan Dinas Kominfo Provinsi Riau di Hotel Arya Duta Pekanbaru, Selasa, 27 Maret 2018. 


Comments

  1. Iya,ya ... sekian lama Indonesia masih dalam masa negara berkembang.
    Kapan akan jadi negara maju ya ?.

    Tentunya diimbangi dengan kesejahtraan ekonomi merata untuk semua masyarakat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for stopping by. Don't forget to follow my blog and leave your comment so we can get connected. Have a great day everyone.

Popular Posts